Senin, 30 Oktober 2017


MUSIK, SAKSI BISU KISAH KLASIK PUTIH ABU-ABU

Assalamualaikum kawan.. Di Blog kali ini saya Saffaana Zain Riyaningtyas, akan melanjutkan kisah sekolah saya dimasa SMA. Saya lulusan dari SMA N 4 YK atau biasa di bilang PATBHE, jujur saja saya tidak begitu banyak memiliki cerita di masa SMA. SMA saya ini merupakan pilihan ke 2 saya setelah terlempar dari SMA 2 YK. Awalahnya memang berat karena teman-teman SMP saya diterima di SMA yang favorit, namun semua itu ada hikmahnya.
Saya di SMA N 4 ini bisa mengembangkan minat dan bakat saya, khusunya di bidang musik. Di masa SMP saya memang sudah memiliki band, namun di pada waktu itu saingan yang ada di sekolah tidak banyak, dah bahkan bisa dibilang band saya yang paling sering perform. Berbeda dengan di PATBHE, saingan sangat banyak, anak-anak yang memiliki skill bermusik itu sangat banyak, banyaknya saingan itu membuat saya semakin ingin mengasah kemampuan saya.l
Di artikel kali ini, saya akan menceritakan kisah saya dalam menggeluti musik di bidang band.

AWAL MULA PENDAFTARAN BAND
          Di PATBHE itu sendiri tidak hanya di bidang olahraga saja yang unggul namun sejak dahulu kala Bandnya pun sudah banyak dikenal orang, banyak alumni SMA N 4 yang menjadi musisi terkenal sebut saja Duta (Sheila On 7), bahkan ada teman saya yang memang sudah terkenal, awalnya dia ingin mendaftar SMM karena ingin menggeluti kemampuannya di bidang musik namun, karena ayahnya dahulu kala sewaktu SMA juga menggeluti dibidang Band, ayah dari teman saya itu bercerita bahwa pada jamannya Band yang paling unggul dimasanya adalah Band dari PATBHE, maka tidak salah lagi bahwa Band di PATBHE itu sudah berjaya sejak lama. Karena beberapa faktor tersebut membuat saya semakin tertarik untuk mendafatar Band di Patbhe.
Band yang ada di PATBHE sendiri itu bernama PATROCK. Dari awal mula masuk sekolah, ketika perkenalan ekskul saya paling tertarik dengan eksul band ini. Pendaftaran ekskul ini diawalai dengan tes skill, tes skill dilakukan di studio musik yang sudah ditentukan.

Tahapan Seleksi
Pada waktu seleksi, teman-teman yang mengikuti seleksi ekskul band ini sangat banyak, dan seleksi PATROCK ini, memang sengaja tidak dibuat tertutup atau seleksi dengan cara tertutup, namun seleksi dibuat secara terbuka. Jadi, seleksi dilakukan dengan cara maju satu-satu sedangkan teman-teman yang lain melihat pada saat kita diseleksi didepan, tergantung dengan instrumen apa yang kita mainkan.
Saya memegang instrumen keyboard, tetapi pada dasarnya skill saya itu bukan untuk band namun klasik. Sehingga saya memang sedikit canggung jika langsung disuruh Jamming bersama-sama. Tes pertama yang dilakukan adalah menebak chord dengan cara kita disuruh membalik badan dan menutup mata kemudian menebak chord apa yang ditekan oleh kakak tingkat yang menjadi penguji, dan pada saat itu alhamdulillah tebakan saya benar semua. Kemudian setelah menebak chord kita disuruh memainkan tangga nada, dan insyallah saya masih lancar jika memainkan tangga nada, karena sewaktu saya les dahulu kala tangga nada merupakan makanan sehari-hari saya. Setelah itu kita disuruh untuk memainkan 1 lagu bebas, dan pada saat itu saya memainkan River Flows in You dari Yiruma, saya tau bahwa lagu tersebut adalah lagu klasik, tetapi kata penguji tidak ada batasan lagu yang dibawakan.  

PENGUMUMAN
            Sampailah pada hari-H, pengumuman diumumkan pada waktu KBM. Jadi, ketika kita sedang pelajaran di kelas, ada panita PATROCK 26 yang masuk ke setiap kelas untuk menempelkan hasil seleksi untuk PATROCK angkatan 27, dan ketika KBM selesai sayapun dengan teman saya yang mengikuti seleksi PATROCK langsung melihat hasil seleksi. Alhamdulillah, saya lolos tahapan seleksi. Saya resmi menjadi anggota PATROCK 27.

PERFORM-PERFORM
            Setiap minggunya saya dan teman-teman PATROCK latihan, sampai pada suatu kesempatan. Saya diberi wewenang untuk mengisi acara BNN di Monumen 11 Maret. Saya disana dijadikan sebagi guest star, bukan peserta lomba.  Sedangkan sma-sma lain yang mengikuti acara tersebut menjadi peserta lomba. Acara tersebut dimulai sehabis maghrib atau pukul 18.00 WIB, karena letak Monumen 11 Maret dekat dengan pusat keramaian sehingga banyak orang-orang yang datang untuk melihat secara lagsung. Ada beberapa kerumunan yang melihat di dalam monumen dan ada juga yang melihat dari luar pagar monumen.
            Saya dan Band saya tampil sebagai penutup acara. Penampilan pertama dari Band saya di buk oleh teman saya yang bernama Reyna Qotrunnada. Rayna ii di jadikan sebagai pembuka oleh band saya secara soloist karena dia adalah salah satu mantan Finalis Rising Star Indonesia, sehingga banyak penonton antusias berdatangan untuk menonton konser tersebut. Selanjutnya di tampilkannya penampilan dari Band saya dengan formasi lengkap yaitu saya sebagai Keyboardist, Reyna sebagai Vocalist, Fitroh sebagai Bassist, Wildan sebagai Gitaris, dan Riska sebagai Drummer. Band saya ini membawakan beberapa lagu yaitu If Ain’t Got You dari Alicia Keys, The a Team dari Ed Sheeran, dan Happy dari Pharel William
Gambar 1.1 Foto pada saat tampil
                         Gambar 1.2 Foto estelar tampil 




                                          VIDEO PADA SAAT TAMPIL
                          


Dari pengalaman saya ini saya mendapatkan banyak hal yang saya bisa peroleh, dari sekedar manggung di depan umum, menghibur para penonton sampai dengan medapatkan uang dari hasil saya manggung meskipun tidak seberapa tetapi saya bangga dengan pencapaiaan ini.

Saffana Zain . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates